Cara Mengatasi Layar Laptop Kedap Kedip Windows 11

Diposting pada

Layar laptop kedap kedip adalah masalah yang sangat umum dihadapi oleh banyak pengguna PC Windows. Masalah ini pun dapat terjadi baik pada monitor desktop. Baik Anda seorang pemula atau pengguna komputer berpengalaman, itu akan menjadi masalah yang membuat frustrasi.

Ada berbagai faktor yang menyebabkan layar laptop kedap kedip seperti driver grafis yang sudah usang, kecepatan refresh yang salah, fitur hemat daya, atau koneksi yang longgar.

Sedikit informasi, salah satu masalah umum lainnya yang kemungkinan dihadapi oleh pengguna adalah layar laptop tiba-tiba bergaris vertikal atau horizontal dengan hitam, putih, hijau atau bahkan berwarna-warni. Apabila Anda sedang mengalaminya, Kami sarankan kepada Anda ntuk membaca  postingan ini Cara Mengatasi Layar Laptop Bergaris.

Pada artikel ini, kami akan menjelaskan cara memperbaiki masalah layar laptop kedap kedip PC Windows. Meskipun kami fokus pada Windows 11, sebagian besar saran juga dapat diterapkan ke versi Windows yang lebih lama.

Cara Mengatasi Layar Laptop Berkedip

Mari kita mulai dengan pendekatan langkah demi langkah untuk memecahkan masalah layar laptop kedap kedip. Kami akan melalui solusi yang berbeda, dimulai dengan yang paling dasar dan turun ke yang lebih maju.

Perhatikan bahwa jika Anda melihat aplikasi keluar dari layar, ini adalah masalah resolusi layar dan bukan kedipan.

1. Periksa Kabel yang Longgar dan Kabel Rusak

Sambungan yang longgar antara kabel dan laptop dapat menyebabkan monitor berkedip sesekali. Saat sambungan terputus, data yang dikirim dari komputer ke monitor rusak atau tidak lengkap, yang dapat menyebabkan masalah tampilan.

Jadi, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memeriksa apakah semua kabel terhubung dengan aman atau tidak. Coba cabut sekali dan pasang kembali untuk melihat apakah masalah teratasi.

Terkadang kabel yang menyambungkan laptop Anda mungkin rusak, yang dapat menyebabkan layar laptop kedap kedip. Coba ganti dengan kabel baru dan periksa apakah berhasil.

Jika kabel baik-baik saja, maka langkah selanjutnya adalah mempersempit akar penyebab masalahnya. Kedipan yang terjadi pada layar laptop dapat disebabkan oleh masalah perangkat lunak dan perangkat keras. Anda dapat melakukan tes sederhana menggunakan Device manager untuk mengetahui jenis masalah apa yang menyebabkan masalah.

Anda dapat membuka Task Manager menggunakan berbagai cara. Caranya mudah klik kanan pada taskbar dan pilih menu Task Manager. Atau, tekan tombol “Ctrl + Shift + Esc” di keyboard Anda dan kemudian pilih opsi “Task Manager”.

Sekarang periksa apakah Task Manager berkedip bersama dengan semua yang ada di layar, itu berarti driver tampilan komputer Anda bertanggung jawab atas masalah ini.

Anda perlu memperbaruinya seperti yang dijelaskan di bawah bagian 2. Tetapi jika task manager tidak berkedip, itu berarti ada hal lain seperti aplikasi yang baru diinstal yang menyebabkan masalah.

Dalam kasus seperti itu, Anda perlu mencoba solusi berikut satu per satu untuk memperbaiki layar laptop berkedip.

2. Periksa Kecepatan Refresh Layar

Tingkat penyegaran yang salah adalah alasan utama layar laptop kedap kedip, terutama saat Anda menghadapi masalah saat bermain game atau menonton video. Anda dapat menyesuaikan kecepatan penyegaran untuk melihat apakah itu cocok untuk Anda.

Buka menu Start dan ketik Display settings.

Klik Display settings dari hasil untuk membuka bagian “System> Display” di aplikasi Pengaturan.

layar laptop kedap kedip

Gulir ke bawah pada halaman ini dan klik opsi “Advanced display”.

layar laptop kedap kedip

Dalam opsi Pilih a refresh rate, drop down akan muncul di mana Anda dapat mengubah kecepatan pembaruan. Ubah untuk melihat apakah layar laptop berkedip telah berhenti.

layar laptop kedap kedip

3. Uninstall dan Update Graphics Driver

Salah satu penyebab paling umum dari kedipan monitor adalah driver grafis yang sudah ketinggalan zaman. Driver grafis adalah penghubung antara kartu grafis dan monitor.

Saat driver kedaluwarsa, sistem tidak dapat berkomunikasi dengan baik dengan kartu grafis, mengakibatkan monitor berkedip. Untuk memperbaiki masalah ini, Anda harus memperbarui driver grafis atau tampilan ke versi terbaru.

Perhatian: Kami sangat menyarankan Anda untuk menyimpan cadangan driver kartu grafis Anda sebelum menghapusnya. Meskipun Windows akan membantu menemukannya secara online, kadang-kadang mungkin tidak berfungsi terutama ketika Anda memiliki perangkat keras yang sudah tua dan ketinggalan zaman.

Klik pada “Start menu” atau Cari ikon / tombol di taskbar dan ketik “Device Manager” di kotak pencarian. Buka aplikasi “Device Manager” dari hasil pencarian.

Sekarang perluas bagian “Display adapters” dengan mengklik panah di sebelahnya.

Klik kanan pada kartu grafis yang muncul di bawah “Display adapters” dan pilih opsi “Update driver”. Anda akan melihat permintaan untuk memilih apakah Anda ingin
Windows akan mencari driver secara online atau menginstal secara manual dari cadangan Anda. Pilih “Search automatically for drivers” dan tunggu hingga pembaruan selesai.

Jika memperbarui driver tidak memperbaiki masalah, maka Anda dapat mengklik kanan pada kartu grafis di Device Manager dan memilih opsi Uninstall device.

Sebuah kotak dialog akan muncul dan pilih opsi “Uninstall”.

layar laptop kedap kedip

Setelah perangkat lunak kartu grafis dihapus, sekarang hidupkan ulang perangkat. Setelah merestart, Anda akan melihat bahwa kedipan layar telah berhenti. Namun, setelah restart Anda akan melihat bahwa tampilan sistem Anda tidak sama seperti sebelumnya.

Dalam kebanyakan kasus, Windows akan secara otomatis mencoba menemukan driver saat Anda me-restart laptop. Jika tidak, Anda dapat memperbarui Windows untuk memperbaiki masalah ini.

Untuk memperbarui Windows, buka aplikasi Setting dan buka bagian “Windows Update”. Sekarang klik tombol “Check for updates” dan Windows akan mulai menginstal rilis terbaru.

layar laptop kedap kedip

Sebagian besar pabrikan PC dan laptop juga menyediakan aplikasi pra-instal untuk mengelola perangkat dan driver. Misalnya, laptop Huawei dilengkapi dengan aplikasi Huawei PC Manager yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah dan memperbaiki masalah tersebut.

3. Identifikasi dan Hapus Aplikasi yang Kemungkinan Menjadi Penyebab Masalah

Beberapa aplikasi yang tidak berfungsi dengan benar juga dapat menyebabkan monitor berkedip karena tidak kompatible dengan OS atau menggunakan sumber daya yang berlebihan.

Jika aplikasi tidak berfungsi, itu akan menggunakan sumber daya CPU , memori, dan disk yang berlebihan, menyebabkan sistem menjadi tidak stabil dan layar laptop kedap kedip. Jika kedipan terjadi setelah menginstal aplikasi, maka Anda harus mencopot pemasangan dan memeriksanya akan membantu.

Buka “Start menu” dan cari “Add or remove programs” di bilah pencarian. Buka hasilnya untuk pergi ke pengaturan itu.

layar laptop kedap kedip

Semua aplikasi yang terinstal di sistem Anda ditampilkan di sini.

Temukan aplikasi yang baru diinstal yang menyebabkan masalah, pilih dan klik ikon tiga titik. Kemudian klik “Uninstall”.

layar laptop kedap kedip

Sekali lagi, klik “Uninstall” untuk akhirnya menghapus aplikasi dari komputer Anda.

layar laptop kedap kedip

Setelah berhasil menghapus instalan aplikasi, mulai ulang komputer Anda untuk memeriksa apakah masalah telah teratasi atau belum.

4. Nonaktifkan Efek Animasi

Jika monitor Anda masih berkedip setelah mencoba semua solusi di atas, coba nonaktifkan efek animasi. Beberapa pengguna Windows 11 mengklaim bahwa metode ini telah membantu mereka memecahkan masalah tersebut.

Buka “Start menu” dan ketik “settings”. Buka aplikasi “settings” dari hasilnya.

Pilih “Accessibility” dari panel sisi kiri.

layar laptop kedap kedip

Sekarang klik “Visual effects” dan matikan “Animation effects” dengan mematikan tombol sakelar.

layar laptop kedap kedip

Sekarang periksa apakah monitor Anda berhenti berkedip. Jika tidak menyelesaikan masalah maka coba metode selanjutnya.

5. Nonaktifkan Windows Error Reporting Services

Terkadang menonaktifkan Windows Error Reporting Services dapat membantu memperbaiki masalah kedipan layar. Untuk itu:

Buka “Start menu” dan ketik “System configuration” dan buka aplikasi.

layar laptop kedap kedip

Ketika Anda berada di aplikasi Konfigurasi Sistem, buka tab “Services”.

Sekarang gulir ke bawah dan hapus item “Windows Error Reporting Services”.

layar laptop kedap kedip

Juga hapus centang layanan “Problem Reports Control Panel Support”.

layar laptop kedap kedip

Klik “Apply” dan kemudian klik tombol “OK”. Sebuah kotak dialog muncul, tekan “Restart” untuk memeriksa hasilnya.

layar laptop kedap kedip

Kesimpulan

Layar laptop kedap kedip adalah masalah umum, tetapi dengan sedikit pemecahan masalah, kami dapat dengan mudah menyelesaikannya. Pastikan untuk selalu memperbarui device Anda untuk menghindari masalah seperti ini, terutama driver.

Penting juga untuk memeriksa perangkat keras dan perangkat lunak laptop untuk segera menyelesaikan masalah. Kami harap panduan ini membantu Anda memperbaiki masalah Layar laptop berkedip dengan sukses. Jika tidak ada metode di atas yang berhasil untuk Anda, Anda mungkin perlu membawa perangkat Anda ke service server untuk analisis terperinci.

5 komentar

  1. Lorsque vous oubliez le mot de passe pour verrouiller l’écran, si vous n’entrez pas le mot de passe correct, il sera difficile de le déverrouiller et d’y accéder. Si vous trouvez que votre petit ami / petite amie est suspect, vous avez peut-être pensé à pirater son téléphone Samsung pour obtenir plus de preuves. Ici, nous vous fournirons la meilleure solution pour déchiffrer le mot de passe du téléphone mobile Samsung.

  2. Nice post. I learn something more challenging on different blogs everyday. It will always be stimulating to read content from other writers and practice a little something from their store. I’d prefer to use some with the content on my blog whether you don’t mind. Natually I’ll give you a link on your web blog. Thanks for sharing.

  3. With havin so much content do you ever run into any issues of plagorism or copyright violation? My blog has a lot of exclusive content I’ve either written myself or outsourced but it appears a lot of it is popping it up all over the internet without my authorization. Do you know any techniques to help stop content from being ripped off? I’d really appreciate it.

  4. I don’t think the title of your article matches the content lol. Just kidding, mainly because I had some doubts after reading the article.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *