Perangkat Lunak Utilitas: Pengertian, Kelebihan, Kekurangan, Jenis dan Contohnya

Perangkat Lunak Utilitas: Pengertian, Kelebihan, Kekurangan, Jenis dan Contohnya

Diposting pada

Pada postingan sebelumnya Kami telah menjelaskan tentang perangkat lunak sistem dan perangkat lunak aplikasi. Sebagai lanjutan dari artikel-artikel sebelumnya jadi sekarang Kami juga akan menjelaskan apa itu pengertian perangkat lunak utilitas, kelebihan, kekurangan, jenis, contoh dan perbedaannya dengan perangkat lunak aplikasi.

Ada berbagai kategori dan jenis perangkat lunak untuk bekerja di komputer. Salah satu jenisnya adalah perangkat lunak utilitas. Ini memberikan fungsi tambahan untuk sistem komputer Anda.

Untuk menggantikan perangkat lunak utilitas akan membantu perangkat keras komputer, sistem operasi, atau aplikasi untuk melakukannya. Deskripsi Informasi terperinci tentang perangkat lunak utilitas.

Pengertian Perangkat Lunak Utilitas

Perangkat lunak utilitas adalah salah satu sistem pemrograman komputer. Jenis ini bekerja untuk mengonfigurasi, menganalisis, mengoptimalkan, dan memelihara komputer. Kita juga dapat menyebutnya dengan nama “Utility Software.

Program perangkat lunak semacam itu memberikan fungsionalitas tambahan ke komputer Anda untuk bekerja lebih baik, seperti antivirus, perbaikan disk, pencadangan, manajemen file, program jaringan, dll. Ada beberapa contoh perangkat lunak utilitas.

Program utilitas tersedia dalam berbagai ukuran dan kapasitas. Itu membuat kapasitas infrastruktur sumber daya komputer (hardware, software, sistem operasi, penyimpanan data dll) cepat. Ini juga membantu mereka untuk bekerja dengan lancar.

Program semacam itu dikembangkan agar sistem komputer dan perangkat lunak sistem bekerja dengan baik dengan kapasitas penuhnya sehingga pengguna umum dapat memperoleh manfaat dari program utilitas.

Kelebihan Perangkat Lunak Utilitas

Cukup pahami tentang Program Utilitas bahwa “sistem komputer tidak lengkap tanpa utilitas” karena perangkat keras komputer dan perangkat lunak aplikasi beroperasi dengan lancar darinya. Berikut beberapa manfaat lain dari program utilitas.

  • Fungsi dan fitur khusus ditambahkan untuk meningkatkan efisiensi sistem komputer dalam aplikasi utilitas.
  • Utilitas membantu pengguna menyesuaikan desktop atau pengaturan lain di komputer mereka sesuai pilihan mereka, seperti screensaver.
  • Itu juga melindungi laptop dari ancaman perangkat lunak (virus, spyware, malware, dll.).
  • Untuk menjaga keamanan sistem komputer Anda, ini menyediakan perlindungan kata sandi sehingga komputer Anda aman dari orang yang tidak dikenal.
  • Seiring dengan pengelolaan memori komputer, kapasitas kinerjanya juga meningkat.
BACA JUGA:   Storage Device: Pengertian, Jenis, Karakteristik dan Contohnya

Kekurangan Perangkat Lunak Utilitas

Ada tiga kelemahan dari perangkat lunak utilitas, yang diberikan di bawah ini.

  • Perangkat Lunak Utilitas Memperlambat sistem komputer Anda
  • Perangkat Lunak Utilitas membutuhkan lebih banyak ruang RAM.
  • Terlalu banyak Perangkat Lunak Utilitas memanaskan sistem komputer Anda.

Jenis-Jenis Perangkat Lunak Utilitas

system utility software

Ada banyak jenis perangkat lunak utilitas. Tetapi di sini kita hanya akan mengetahui beberapa perangkat lunak penting di antara mereka.

  • File Management Programs (Program Manajemen File)
  • Disk Managers and Disk Cleaners (Manajer Disk dan Pembersih Disk)
  • File Compression Programs (Program Kompresi File)
  • Security Programs (Program Keamanan)
  • Backup & Recovery Tools (Alat Pencadangan & Pemulihan)

Berikut penjelasannya:

File Management Programs (Program Manajemen File)

Jenis program ini digunakan untuk mengatur file. Berbagai jenis data disimpan dalam memori komputer. Manajemen siapa yang dilakukan oleh program pengelola file?

Program-program ini menyediakan fasilitas bagi setiap pengguna untuk melakukan beberapa pekerjaan terkait data. Seperti menyimpan dan menghapus file, mengedit data dalam file, mengubah lokasinya, mengganti nama, dll.

Program semacam itu memberikan fasilitas ini kepada pengguna untuk mengakses hierarki file, sehingga pengguna dapat bekerja dengan sangat mudah dengan menemukan data tertentu.

Jika dilihat, hampir semua file manager juga menyediakan fasilitas “search tool”. Sehingga dengan bantuan alat pencarian, pengguna dapat dengan cepat menemukan file, folder karyanya.

Disk Managers and Disk Cleaners (Manajer Disk dan Pembersih Disk)

Saat menggunakan komputer, seperti memberikan perintah ke komputer, memulai atau menghentikan program, atau menginstal atau menghapus program baru. Jadi banyak data tidak berguna dibuat di dalamnya.

Data tidak berguna yang ada di komputer ini sangat memengaruhi kinerja dan kecepatan sistem kami.

Karena aktivitas sehari-hari di komputer kita, file yang tidak berguna dihasilkan. Untuk membersihkannya, diperlukan “Pembersih Disk”. Program-program ini mengidentifikasi data yang tidak berguna dan tidak dapat digunakan dari sistem kami, menghapusnya dari disk.

Jenis data yang sama ada di sistem program Disk Manager, yang tersebar di banyak tempat di sistem. Kumpulkan mereka dan beri Anda informasi jika kami berbicara tentang contoh beberapa Pembersih Disk utama dan Utilitas Manajemen Disk. Jadi Disk Defragmenters, Disk Partition Editor, Disk Space Analyzer, dll. Nama mereka.

BACA JUGA:   Rahasia Tersembunyi: Tips Main Game di Komputer Agar Tidak Ngelag dengan Mudah!

File Compression Programs (Program Kompresi File)

Program ini digunakan untuk memperkecil ukuran file. Dengan bantuan ini, pengguna dapat memperoleh lebih banyak ruang penyimpanan di drive mereka. Winzip, Winrar, 7-Zip Ini adalah beberapa program kompresi file paling populer di sistem operasi Windows, yang digunakan oleh setiap pengguna untuk mengompres data.

Jadi pengguna Mac yang sama menggunakan RAR Expander, StuffIt Expander, dan MacZip untuk mengompres data. Sangat mudah untuk menggunakan perangkat lunak kompresi file ini.

Security Programs (Program Keamanan)

Malware menginfeksi komputer kita dengan berbagai cara. Seperti virus, trojan, worm, spyware, dll. Karena malware ini, pengguna harus banyak menderita. Bahkan data komputer dicuri.

Untuk melindungi sistem komputer dari ancaman seperti malware, kami memerlukan utilitas perangkat lunak dalam situasi seperti itu. Alat Keamanan memberi kami perlindungan dari ancaman yang datang online. Ini termasuk nama-nama seperti antivirus, firewall, jaringan, dll.

Jika kita berbicara tentang beberapa program antivirus Windows yang populer. Begitu juga AVG, Kaspersky, Norton, McAfee, Quick Heal, dan Microsoft Security Essentials.

Oleh sebab untuk memantau port jaringan yang sama, digunakan firewall. Tugas utama mereka adalah melindungi sistem komputer dari malware dan peretas.

Backup & Recovery Tools (Alat Pencadangan & Pemulihan)

Jika, karena alasan apa pun, salah satu file atau data penting Anda rusak. Jadi Anda bisa mengerti berapa banyak kerugian yang mungkin harus Anda tanggung. Dalam situasi seperti itu, utilitas pencadangan dan pemulihan diperlukan untuk menjaga keamanan file atau data Anda. Anda akan menemukan banyak perangkat lunak utilitas cadangan di internet.

Utilitas Pencadangan membuat cadangan data yang disimpan di komputer Anda di tempat lain. Misalkan Anda berbicara tentang menyimpan data di penyimpanan cloud. Jadi Microsoft One Drive, Google Drive, Dropbox, dll., adalah beberapa contoh utama.

Selain itu, Anda dapat mengembalikan data yang dihapus dengan bantuan alat pemulihan. Recycle Bin adalah salah satu alat di komputer, yang menyimpan data yang dihapus dengan aman. Tetapi jika Anda juga menghapus data dari Recycle Bin. Jadi untuk melakukan pemulihan data, Anda juga bisa menggunakan alat lain.

BACA JUGA:   SFTP Adalah: Pengertian, Jenis, Cara Kerja, Kelebihan dan Manfaatnya

Contoh Perangkat Lunak Utilitas

Di bawah ini merupakan daftar program Utility Software yang paling laris digunakan oleh pengguna sistem operasi desktop, PC, Laptop, maupun Smartphone.

  • Antivirus Programs
  • File Manager
  • Backup Software
  • Registry Cleaners
  • Screen Saver
  • DirectX
  • Compression Utilities
  • Cryptography Software
  • Disk Partition Editors
  • Encryption Tools
  • Debuggers
  • Disk Checker
  • Memory Tester
  • Network Monitors
  • Fonts
  • Icon Tools
  • System Monitor
  • Application Launchers

Beda Antara Perangkat Lunak Aplikasi dan Utilitas

Pertanyaan ini pasti muncul di benak Anda. Apa perbedaan antara perangkat lunak aplikasi dan perangkat lunak utilitas? Jadi apa penundaannya?

Mari kita cari tahu tentang Perbedaan Antara Perangkat Lunak Utilitas dan Perangkat Lunak Aplikasi.

  • Program utilitas mengembangkan fungsionalitas sistem komputer. Jadi perangkat lunak aplikasi mereka telah dirancang untuk memecahkan masalah yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari pengguna.
  • Ukuran dan ruang lingkup perangkat lunak utilitas berukuran kecil. Itu sebabnya dibutuhkan ruang yang sangat sedikit. Tetapi perangkat lunak aplikasi sebagian besar berukuran besar dan memakan lebih banyak ruang.
  • Sebagian besar perangkat lunak utilitas gratis dan diinstal bersama dengan sistem operasi. Jadi perangkat lunak aplikasi yang sama seringkali dibayar dan harus diinstal secara terpisah.
  • Utilitas menggunakan sangat sedikit sumber daya sistem. Jadi perangkat lunak aplikasi yang sama membutuhkan lebih banyak sumber daya.
  • Utilitas adalah program teknis. Pada saat yang sama, sebagian besar perangkat lunak aplikasi dapat digunakan dengan nyaman oleh pengguna biasa.
  • Program antivirus, screen saver adalah program utilitas yang sangat populer. Jadi pemutar video yang sama adalah contoh perangkat lunak aplikasi yang bagus.

Kesimpulan

Anda pasti sudah mengetahui tentang perangkat lunak utilitas dengan sangat baik. Apa itu perangkat lunak utilitas? Apa program utilitas utama? Dan apa perbedaan antara perangkat lunak utilitas dan perangkat lunak aplikasi? Semoga artikel ini Software Utilitas untuk Anda? Ini akan terbukti berguna.

Jika Anda menyukai artikel kami Apa itu Perangkat Lunak Utilitas ? Jika Anda menyukainya. Jadi tolong bagikan artikel ini di media sosial. Selain itu, jika Anda memiliki saran atau keraguan tentang artikel ini. Jadi beri tahu kami dengan berkomentar di bawah ini. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *