Bahasa Pemrograman C#: Pengertian, Statistik, Keunggulan dan Penggunaannya

Diposting pada

Orang berpikir bahwa bahasa pemrograman memiliki kualitas terbaik jika dapat dipelajari dengan cepat, memberikan hasil yang baik, dan dapat digunakan untuk proyek, aplikasi, atau platform apa pun.

Hari ini, kita akan membahas antara lain tentang bahasa pemrograman C#, apa itu dan bagaimana C# dapat digunakan.

C# telah menjadi bahasa pemrograman paling populer untuk aplikasi Windows dan arsitektur backend untuk sementara waktu. Dan ada alasan bagus untuk itu.

Kami berharap setelah Anda membaca pengertian bahasa pemrograman C#, statistik, keunggulan dan penggunannya, Anda akan memiliki gagasan yang lebih baik tentang pentingnya.

Mari kita mulai!

Pengertian Bahasa Pemrograman C#

Bahasa pemrograman C#, yang juga disebut C Sharp, adalah bahasa pemrograman yang dibuat oleh Anders Hjelsberg. C Sharp dulunya disebut “Cool”, tetapi di beberapa titik di masa lalu, nama itu diubah. Ini adalah bahasa pemrograman berorientasi objek tingkat tinggi yang dibangun di atas C, seperti halnya C++ . C adalah blok bangunan dari mana C # dibuat.

Microsoft keluar dengan C# pada tahun 2000. Itu dibuat untuk memenuhi permintaan yang terus meningkat akan aplikasi online yang tidak dapat dipenuhi oleh Visual Basic (VB) dan C++.

Arsitektur menyatukan bagian terbaik dari Java dan C++. Karena itu, pemrogram yang mengetahui cara bekerja dengan C dan C++ dapat dengan cepat mempelajari cara menggunakan C#.

Statistik

Microsoft sebagian besar menggunakan bahasa pemrograman C# di antara tumpukan bahasa pemrogramannya. Fakta-fakta berikut mencerminkan ketepatan pilihan ini:

  • Pada tahun 2019 , StackOverflow menyurvei pengembang profesional dan menemukan bahwa 31,9% dari mereka lebih menyukai bahasa pemrograman C#.
  • Jajak pendapat yang sama juga menemukan bahwa C# memiliki komunitas StackOverflow terbesar ketiga.
  • Itu dipilih oleh 67% responden sebagai bahasa pemrograman paling populer di dunia.
  • Ada lebih dari 5.000 lowongan pekerjaan untuk C# di Amerika Serikat saja.

Pada bagian selanjutnya, kita akan menyelidiki lebih jauh alasan di balik popularitas C#.

5 Keunggulan Bahasa Pemrograman C#

Ada banyak hal lain yang menambah popularitas dan permintaan C#. Beberapa alasan mengapa tercantum di bawah ini:

1. Pemrograman Berorientasi Objek

C# dibuat dari awal untuk mengikuti aturan pemrograman berorientasi objek, yang terkadang disebut OOP. Agar ide pemrograman ini berfungsi, Anda harus dapat mendeskripsikan jenis data dan cara mengaturnya sehingga kumpulan fungsi standar dapat digunakan di dalamnya.

Pemrograman berorientasi objek menempatkan data ke dalam objek, yang membuatnya lebih mudah untuk memecah aplikasi menjadi potongan-potongan kecil yang lebih mudah dibuat, dikelola, dan disatukan.

Pemrograman berorientasi objek memungkinkan Anda mengelola objek tanpa harus berurusan langsung dengan properti internalnya. Sebaliknya, ia menggunakan deklarasi kelas untuk menggambarkan bagaimana objek berperilaku.

Bahasa OOP membuatnya lebih mudah untuk menguji dan membaca program. Mereka juga memungkinkan untuk memperbaiki masalah yang muncul. Secara umum, mereka membuat proses pengkodean lebih efisien.

2. Mudah Digunakan

C# dipengaruhi oleh bahasa seperti C, C++, dan Java. Namun, pembuatnya mengambil bagian terbaik dari bahasa ini dan menjadikan bahasa pemrograman C# milik mereka sendiri dengan menambahkan hal-hal seperti tipe nilai, properti, dan peristiwa.

Misalnya, bahasa pemrograman C# tidak memungkinkan Anda untuk menggunakan pointer mentah yang mengarah langsung ke memori, dan juga tidak memungkinkan Anda untuk mewarisi lebih dari satu kelas. Di C #, Anda dapat menggunakan sesuatu yang disebut “pengumpul sampah”, yang menangani pengelolaan memori untuk Anda.

Manajemen memori bukanlah sesuatu yang perlu Anda khawatirkan untuk sebagian besar penggunaan, yang membuat bekerja dengan C# jauh lebih mudah.

C# adalah pilihan tepat untuk menghilangkan kerumitan. Ada kalanya Anda dapat menggunakan fitur C# dengan sukses meskipun Anda tidak tahu segalanya tentang cara kerjanya di balik layar. Mungkin untuk bekerja dengan iterator selama bertahun-tahun dan tidak pernah sepenuhnya memahami cara kerjanya.

Anda dapat menggunakan async dan menunggu bahkan jika Anda tidak tahu segalanya tentang bagaimana kompiler mengimplementasikan fitur ini. Ini adalah prinsip dasar enkapsulasi untuk pemrograman berorientasi objek yang telah dibangun ke dalam bahasa.

3. Skalabilitas Tinggi

Agar pengembangan perangkat lunak berjalan dengan baik, bahasa pemrograman harus dapat diskalakan dan mudah dipertahankan. Bahasa pemrograman yang disebut C# memiliki semua fitur ini.

Karena pengkodean statisnya yang ketat, Anda dapat yakin bahwa program akan selalu bekerja dengan cara yang sama. Akibatnya, mudah bagi pengembang untuk membuat perubahan, dan juga mudah untuk mengikutinya.

Kelebihan C#

Fakta bahwa tumpukan Anda tidak berubah seharusnya melegakan bagi pengembang yang lebih berpengalaman yang sedang mengerjakan proyek lama yang aslinya ditulis dalam bahasa pemrograman C#.

Meskipun beberapa prosedur mungkin telah berubah dari waktu ke waktu, segala sesuatu tentang organisasi tetap sama.

4. Dokumentasi Menyeluruh

Bahasa pemrograman C# masih terus diperbaiki dan didukung oleh Microsoft. Akibatnya, dalam empat tahun terakhir, ada tiga pembaruan besar, ditambah rilis .NET 5, yang semuanya membuat pengembangan jauh lebih mudah.

Microsoft memiliki banyak informasi tentang bahasa pemrograman C# dan .NET, termasuk pelajaran interaktif, serial video, dan penjelasan mendalam tentang masalah umum. Sebagian besar materi yang tersedia terdiri dari sumber daya .NET, seperti sistem tipe umum, kompiler, dan Cable # untuk memprogram dengan cara asinkron.

5. Komunitas Stabil

Karena C# dibuat oleh Microsoft, salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, tidak sulit untuk melihat mengapa begitu banyak orang yang menggunakannya. Saat Anda bekerja di bidang pengembangan perangkat lunak, Anda harus memiliki komunitas.

Ini adalah tempat di mana pengembang bisa mendapatkan ide dan saran baru. Bahasa pemrograman tidak dianggap sebagai platform atau layanan, sehingga mereka tidak memiliki meja bantuan khusus atau dukungan TI.

Semakin baik, semakin besar komunitasnya. Ini karena lebih banyak alat dan perangkat lunak akan dibuat untuk membuatnya lebih baik karena lebih banyak orang bergabung.

Selain itu, karena ada begitu banyak orang yang menggunakan C#, C# terus ditingkatkan untuk memastikan bahasa pemrograman C# tetap berada dalam sistem dan tidak mati.

5 Kegunaan Bahasa Pemrograman C#

Microsoft membuat bahasa pemrograman berorientasi objek C# pada tahun 2000 dengan tujuan mengambil bagian terbaik dari Java dan C++ dan menyatukannya.

Ini digunakan untuk banyak hal yang berbeda, dan aktivitas berikut di bawah ini akan menunjukkan betapa bermanfaatnya itu.

1. Aplikasi Windows

Zo verwijder je ongewenste apps uit Windows 10 - Webwereld

C# dibuat oleh Microsoft untuk digunakan sendiri pada awalnya. Jadi, tidak sulit untuk mengetahui mengapa ini sering digunakan saat membuat program Windows.

Jika Anda menggunakannya untuk program Windows, proses pengembangan perangkat lunak Anda akan berjalan lebih lancar, dan fitur seperti pengumpulan sampah bahasa pemrograman C# akan bekerja dengan sangat baik.

Pengembang juga dapat menggunakan dukungan komunitas dan dokumentasi yang tersedia untuk membuat aplikasi dan program yang sesuai dengan arsitektur platform Microsoft.

2. Pengembangan Game

The Pros And Cons Of Mobile Game Development With Unity 3D - VARTEQ Inc

C# digunakan untuk membuat mesin game Unity, yang sangat populer. Faktanya, sekitar 33 persen game terpopuler dibuat di platform ini, dan lebih dari 500 juta orang memainkan game tersebut.

Aplikasinya tidak hanya untuk membuat video game tradisional, mereka juga untuk membuat game yang dimainkan dalam realitas virtual.

3. Pengembangan Seluler

Android atau IOS ? Apa Bedanya ? - Barriermagz

Dengan Xamarin, yang dibangun di atas C#, pengembangan seluler menjadi mungkin. Secara khusus, Xamarin adalah kerangka kerja yang memungkinkan Anda menggunakan komponen dan pustaka asli di lebih dari satu platform.

Lapisan bersih untuk membuat aplikasi untuk Android dan iOS yang sepertinya dibuat untuk platform tersebut. Itu memungkinkan pengembang untuk menggunakan hingga 90% dari kode yang sama pada dua platform seluler paling populer.

4. Pengembangan Server-side Web App

Web Server Programming - ppt video online download

Microsoft membuat kerangka kerja server-side ASP.NET, yang dapat digunakan untuk membuat halaman web yang berubah seiring waktu. ASP.NET ditulis dalam C#.

Singkatnya, dengan bahasa pemrograman C#, Anda dapat memanfaatkan ASP.NET dengan lebih baik untuk membuat situs web, aplikasi web, dan layanan online.

5. Aplikasi Linux & macOS

Slingshot Brings Mac OS X Style LaunchPad To Ubuntu Linux

Dengan menggunakan runtime Mono C#, aplikasi yang sama dapat dioptimalkan untuk digunakan pada platform berbasis macOS dan Unix.

Misalnya, dalam banyak situasi, Mono mendapatkan hasil kinerja yang serupa dengan runtime .NET. Meskipun demikian, aplikasi C# tidak banyak berubah dalam cara kerjanya, apa pun platform yang digunakannya.

Kesimpulan

Di akhir postingan ini, kami harap Anda memiliki gagasan yang lebih baik tentang betapa pentingnya C# dalam bidang pengembangan perangkat lunak dan mengapa C# menjadi bahasa yang begitu populer dan bermanfaat.

C # adalah bahasa pemrograman yang dibuat dengan hati-hati yang banyak diminati di perusahaan perangkat lunak terkemuka di seluruh dunia.

Akibatnya, pada tahun 2022, salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk karier Anda adalah mempelajari bahasa pemrograman C#.

3 komentar

  1. ¿Qué debo hacer si tengo dudas sobre mi pareja, como monitorear el teléfono móvil de la pareja? Con la popularidad de los teléfonos inteligentes, ahora existen formas más convenientes. A través del software de monitoreo de teléfonos móviles, puede tomar fotografías, monitorear, grabar, tomar capturas de pantalla en tiempo real, voz en tiempo real y ver pantallas de teléfonos móviles de forma remota.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *