31 Bahasa Pemrograman Terpopuler di Dunia

31 Bahasa Pemrograman Terpopuler di Dunia

Diposting pada

Dengan penemuan Komputer, bahasa pemrograman menjadi kebutuhan di dunia ini. Istilah “Bahasa Pemrograman” pertama kali diciptakan pada awal tahun 1883, ketika Analytical Engine ditemukan oleh Ada Lovelace dan Charles Babbage, yang membutuhkan banyak pekerjaan manual dan perhitungan untuk membuat program matematika sederhana ditulis. Sejak itu, kami telah menempuh perjalanan jauh ke tempat yang lebih baik.

Bahasa pemrograman saat ini mirip dengan bahasa yang kita gunakan dan jauh lebih kuat dan lebih cepat. Mereka digunakan hampir di mana-mana di dunia saat ini dan memiliki tempat penting dalam hidup kita.

Mari kita masuk lebih dalam guna memahami lebih lanjut mengenai daftar 31 bahasa pemrograman, Scripting, dan Markup terpopuler yang paling banyak digunakan oleh pengguna.

Apa itu Bahasa Pemrograman?

Menurut definisi Wikipedia, Bahasa pemrograman adalah notasi untuk menulis program, yang merupakan spesifikasi perhitungan atau algoritma (“Bahasa pemrograman”). Menempatkannya dalam istilah awam, bahasa pemrograman dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan komputer dan membuatnya melakukan tugas-tugas tertentu.

Sementara manusia berkomunikasi dan bertukar pikiran melalui berbagai bahasa, komputer menggunakan berbagai bahasa pemrograman untuk berkomunikasi antara pengguna dan dirinya sendiri.

Bahasa Pemrograman Terpopuler di Tahun 2023

Pada bagian ini, kita akan melihat daftar 31 bahasa pemrograman terpopuler dan berbagai jenis bahasa pemrograman (dari level tertinggi hingga terendah). Yang terpenting, kita akan memahami apa yang membuat mereka populer, kegunaannya, prospek karir mereka, dan posisi mereka di Industri Teknologi Informasi.

1. Python

The Python Logo | Python Software Foundation

 

Python adalah bahasa interpretasi tingkat tinggi yang ditemukan pada tahun 1989 dan dikembangkan oleh Guido Van Rossum. Python adalah salah satu yang paling populer dalam daftar bahasa pemrograman teratas 2022. Python, seperti Java, mendukung manajemen Memori dan Kemampuan Berorientasi Objek.

Python populer karena sintaksisnya yang mudah dibaca dan ditulis menjadikannya salah satu bahasa yang paling tren saat ini dan salah satu bahasa pemrograman backend terbaik. Python banyak digunakan untuk aplikasi web dan aplikasi Kecerdasan Buatan. Python sangat diminati dalam pekerjaan saat ini dan merupakan salah satu bahasa pemrograman dengan bayaran tertinggi.

Mencari pekerjaan dengan Python cukup mudah dan memiliki banyak permintaan dan masa depan yang cerah. Untuk pelatihan Bahasa Pemrograman Python.

2. Java

Java logo and symbol, meaning, history, PNG

Java adalah bahasa tujuan umum, bahasa tingkat tinggi yang dikembangkan oleh Sun Microsystems pada tahun 1991. Ini adalah salah satu bahasa yang paling menuntut dan populer digunakan di seluruh industri dan lembaga akademik. Java mencapai posisi teratas dalam daftar peringkat daftar bahasa pemrograman.

Fitur Java yang membuatnya menonjol adalah manajemen Memori dan Kompatibilitas Lintas Platform. Manajemen memori membantu Java mengurangi ketergantungan pada pengembang untuk menghapus memori yang tidak terpakai saat tidak dibutuhkan. Mengotomatiskan ini melalui pengumpulan sampah memastikan pengembang tidak perlu terlalu khawatir tentang manajemen memori.

Kompatibilitas Lintas Platform memastikan Java dapat digunakan di berbagai platform (Sistem Operasi) tanpa masalah kompatibilitas. Ini membantu Java menyebarkan popularitasnya lebih cepat.

Java populer digunakan untuk Web, Seluler, dan Sistem Tertanam, yang banyak diminati saat ini. Jika Anda mempertimbangkan untuk berkarir di dalamnya, Java adalah awal yang baik.

3. C

Programmers Point | C Programming Classes In Indore | C Programming Institute In Indore | C Training Centre In Indore

C adalah salah satu bahasa pemrograman tingkat tinggi tertua dan paling umum. Dikembangkan pada tahun 1972 oleh Dennis Ritchie di AT&T Bell Laboratories, C adalah salah satu bahasa yang populer digunakan untuk komponen tingkat rendah dalam perangkat lunak, seperti Kernal di OS.

C juga sangat diminati untuk pemrograman sistem tertanam. Untuk situasi di mana kecepatan penting, Bahasa Pemrograman C adalah bahasa yang paling disukai.

BACA JUGA:   Bahasa Pemrograman C: Pengertian, Sejarah, Fitur dan Perintah Dasar C

Ini adalah fitur utama yang membuat C lebih disukai untuk pemrograman perangkat keras. C juga banyak digunakan di Institusi Akademik dan merupakan bahasa pengkodean terbaik untuk dipelajari bagi pemula.

C lebih disukai jika Anda mencari karir di Pemrograman Kernel atau Pemrograman Perangkat Keras. Namun, mungkin ada tumpang tindih dengan bahasa C++ karena Kemampuan Berorientasi Objeknya.

4. C++

C++ PROGRAMMING LANGUAGE - Bead Daily

C ++, penerus C, adalah perpanjangan dari C dengan Fitur Berorientasi Objek. Dikembangkan selama tahun 1980-an oleh Bjarne Stroustrup, C++ digunakan secara populer untuk aplikasi Pemrograman Perangkat Keras dan Perangkat Lunak dan memiliki berbagai pustaka yang tersedia.

Bahasa Pemrograman C ++ adalah salah satu bahasa pemrograman terbaik untuk pemula yang ingin mempelajari konsep berorientasi objek.

Ini juga salah satu bahasa pemrograman game terbaik, seperti membuat mesin game. C++ memiliki tempat yang mirip di pasar dibandingkan dengan C; maka prospek karir akan mirip dengan C.

5. Visual Basic .NET

Pintaar - Belajar Visual Basic .NET + MySQL untuk Pemula - Dilengkapi Studi Kasus

Visual Basic dikembangkan oleh Microsoft pada tahun 2001. Ini adalah bahasa tingkat tinggi yang mendukung Kemampuan Berorientasi Objek.

Itu terutama digunakan untuk Aplikasi Web dan aplikasi Desktop. Visual Basic sekarang menjadi bahasa lama dan telah digantikan oleh bahasa dan kerangka kerja yang lebih baik.

6. C#

C # Programming Language - Advance Innovations

C# dikembangkan oleh Microsoft pada tahun 2001, bersama dengan kerangka kerja .NET-nya. Bahasa Pemrograman C# sangat mirip dengan C++ atau Java dalam hal sintaks. Awalnya, .NET digunakan untuk mengembangkan Windows Forms dan mengembangkan Aplikasi Web dengan ASP.NET.

Framework telah banyak berkembang sejak saat itu, terutama dengan diperkenalkannya .NET Standard dan .NET Core.

Kerangka kerja terbaru adalah lintas platform, berjalan di Windows, Linux, dan Mac. Versi terbaru .NET juga memungkinkan pengembang untuk membuat aplikasi Android dan iOS.

C# sebagian besar digunakan untuk menulis aplikasi desktop dan web tetapi jarang digunakan untuk pemrograman sistem dan aplikasi tersemat. C# memiliki permintaan yang luas di industri dan merupakan bahasa yang aktif.

7. PHP

PHP - Wikipedia

PHP adalah bahasa tujuan umum yang digunakan untuk pemrograman sisi server. Dikembangkan oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1994, PHP adalah bahasa yang populer di kalangan pemula yang ingin mempelajari pengembangan web. PHP dikenal dengan kemudahan belajarnya.

Meskipun banyak pekerjaan tersedia di PHP, itu digantikan oleh bahasa dan kerangka kerja yang lebih baik.

8. JavaScript

Javascript Programming Language Logo, HD Png Download - kindpng

JavaScript (JS) adalah bahasa interpretasi tingkat tinggi, diketik secara dinamis, yang berjalan di browser. Dikembangkan oleh Brendan Eich dan pertama kali dirilis pada tahun 1995, JavaScript adalah bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan di dunia untuk internet dan menjadi hal yang tidak dapat dihindari di dunia saat ini.

JavaScript adalah bahasa pemrograman yang digunakan di sebagian besar situs web populer. JavaScript populer karena kemudahan belajar dan penggunaannya yang meluas.

Banyak kerangka kerja seperti NodeJS dan TypeScript didasarkan pada sintaks JavaScript. JavaScript adalah salah satu bahasa pasar yang paling penting dan banyak digunakan.

Jika Anda merasa nyaman dengan konsep OOP, ada baiknya juga melihat naskah. TypeScript memanfaatkan konsep OOP dan mengompilasinya menjadi JavaScript asli.

9. SQL

Pin on Common SQL Error and fixes

SQL adalah bahasa query yang digunakan untuk Relational Database Management System (RDBMS).

SQL dikembangkan oleh Peneliti IBM Raymond Boyce dan Donald Chamberlin pada tahun 1970-an. SQL tidak langsung digunakan untuk menulis aplikasi tetapi sebagai bagian dari perangkat lunak apa pun untuk mengakses basis data apa pun untuk mengambil, membaca, atau memperbarui data. SQL adalah bahasa penting dalam industri TI, tetapi bukan keahlian utama untuk peran pekerjaan apa pun.

SQL sering digabungkan dengan persyaratan lain seperti bahasa pemrograman untuk pengembang, alat analitik untuk peran Big Data , dll. Karenanya, mempelajari SQL adalah nilai tambah yang besar, bersama dengan persyaratan lain untuk pekerjaan itu.

10. Objective-C

Objective-c - Circle, HD Png Download - kindpng

Objective-C adalah tujuan umum, dikompilasi, bahasa berorientasi objek yang dikembangkan dan digunakan oleh Apple hingga 2014. Objective C masih populer karena banyaknya aplikasi yang ada yang ditulis di dalamnya. Ini hanya digunakan untuk pengembangan ekosistem Apple.

BACA JUGA:   Bahasa Pemrograman Golang: Pengertian, Sejarah, Kelebihan dan Kekurangannya

Objective C masih diminati, tetapi disarankan untuk mempelajari Swift sejak Apple beralih ke Swift dari Objective C.

11. Delphi/Object Pascal

File:Delphi Language Logo.png - Wikimedia Commons

Delphi adalah nama kompiler untuk Object Pascal, versi berorientasi objek dari Pascal, yang dikembangkan oleh Larry Tesler pada akhir 1960-an. Meskipun ada perangkat lunak yang ditulis pada Delphi/Object Pascal, mereka tidak digunakan lagi.

12. Ruby

Ruby — an Object Oriented Programming Language for all | by Jack P | Medium

Ruby adalah bahasa pemrograman berorientasi objek yang ditafsirkan, diketik secara dinamis, dikembangkan oleh Yukihiro “Matz” Matsumoto pada pertengahan 1990-an. Bahasa ini terinspirasi oleh banyak bahasa lain seperti Lisp, Pearl, dan Ada. Ruby adalah bahasa populer yang digunakan untuk pengembangan web.

Framework Ruby on Rails adalah framework sisi server yang ditulis dengan Ruby. Ini populer karena kemudahan belajarnya. Ruby digunakan untuk pengembangan aplikasi web dan karenanya masih digunakan di pasar dan memiliki banyak kesempatan kerja.

13. Bahasa Assembly

Assembly Programming - Apps on Google Play

Bahasa assembly adalah bahasa tingkat rendah yang digunakan untuk pemrograman perangkat keras atau program tertanam. Bahasa assembly pertama dikembangkan oleh Kathleen Booth pada tahun 1947 untuk ARC2. Bahasa rakitan sebenarnya bervariasi tergantung pada mikroprosesor yang diberikan karena bahasa tersebut pada dasarnya adalah set instruksi dari mikroprosesor yang diberikan.

Tidak seperti bahasa normal, pemrogram harus mengetahui mikroprosesor secara detail – set instruksi, register, ukuran data, dll. untuk bekerja dengan bahasa rakitan. Majelis digunakan ketika kinerja adalah tujuannya menjadikannya fitur terbaik dari bahasa ini.

Mempertimbangkan prospek karier bahasa ini, pekerjaan yang membutuhkan pemrograman sistem / pemrograman perangkat keras akan membutuhkan pengetahuan tentang bahasa rakitan.

14. Swift

File:Swift logo.svg - Wikimedia Commons

Apple mengembangkan bahasa cepat pada tahun 2014 untuk ekosistemnya. Swift dibuat untuk mempermudah proses debug dan membuat sintaks mudah dibaca.

Apple mengubah bahasa penggunaannya dari Objective C ke Swift. Swift masih diminati oleh pemrogram iOS, tetapi disarankan untuk mempelajari Objective C bersama karena aplikasi lama ditulis di dalamnya.

15. Go / Golang

Go (programming language) - Wikipedia

Go / Golang diperkenalkan oleh dua Insinyur Google pada tahun 2009. Go banyak meminjam sintaks dari C dan Java. Bahasa berfokus pada kompatibilitas lintas platform, kesederhanaan, dan dukungan untuk prosesor modern.

Ini adalah bahasa yang mudah dipelajari. Mempertimbangkan permintaan pasarnya, ini populer di kalangan teknik dan devops tetapi tidak banyak diminta dalam deskripsi pekerjaan.

16. Perl

Perl - Wikipedia

Bahasa Pemrograman Perl adalah bahasa skrip utilitarian yang berkembang dari skrip CGI. Dikembangkan oleh Larry Wall pada tahun 1987, mudah dipelajari dan memiliki cukup banyak perangkat lunak yang ditulis di bawahnya.

Meskipun bukan bahasa paling atas, permintaannya cukup bagus yang dapat dilihat di banyak deskripsi pekerjaan.

17. R

File:R logo.svg - Wikimedia Commons

R adalah bahasa pemrograman yang digunakan oleh ahli statistik dan peneliti terutama untuk analitik kumpulan data. Di pasar, pekerjaan terkait data (Analis Data, Ilmuwan Data, dll.) Membutuhkan pengetahuan R untuk tujuan analitik. Ini dikembangkan oleh Ross Ihaka dan Robert Gentleman pada tahun 1993.

R memiliki permintaan yang baik di pasar, tetapi hanya untuk peran yang berkaitan dengan statistik, penelitian, dan ilmu data.

18. F#

F Sharp (programming language) - Wikipedia

Microsoft memperkenalkan F# pada tahun 2005 sebagai bahasa fungsional Berorientasi Objek yang dikompilasi ke .NET Intermediate Language.

Sebagai bahasa fungsional, ini mengekspresikan program sebagai fungsi matematika dan tidak mengizinkan status dan data yang dapat diubah (Konsep Berorientasi Objek).

Karena F# hanya cocok untuk program tertentu, tidak banyak pekerjaan yang menuntutnya sebagai syarat utama.

19. Bash

Bash Logo Media Assets - Download Bash shell logo - Bourne-again shell logo

Bash adalah bahasa scripting yang ditulis oleh Brian Fox dan dirilis pada tahun 1989. Ini terutama digunakan untuk mengotomatisasi tugas di Platform Unix dan Linux. Bash memiliki sintaks yang cukup mudah.

Meskipun ini bukan bahasa pemrograman dengan sendirinya, ini digunakan untuk banyak tugas otomatisasi dan keperluan Administrasi Linux / Unix. Karenanya, banyak pekerjaan memiliki Bash sebagai persyaratan, meski bukan yang utama.

20. Scala

Scala (programming language) - Wikipedia

Scala adalah bahasa tujuan tinggi yang dikembangkan untuk mengisi kekosongan di Java, seperti perpustakaan fungsional. Dikembangkan oleh Martin Odersky pada tahun 2003, Scala mendapatkan daya tarik dalam pengembangan Perpustakaan Perangkat Lunak dan aplikasi.

BACA JUGA:   Bahasa Pemrograman Kotlin: Pengertian, Sejarah, Fitur dan Penggunaannya

Meskipun memiliki kurva belajar yang tinggi, ada banyak pekerjaan Scala yang tersedia, dan itu sangat berharga untuk dipelajari.

21. COBOL

COBOL: 60+ Years of Proven Business Rules, Still Going Strong | by Chris Sederqvist | Medium

COBOL adalah bahasa pemrograman yang sangat tua terutama digunakan untuk sistem mainframe. Ini dikembangkan secara gabungan oleh CODASYL, ANSI, dan ISO/IEC pada tahun 1959.

Meskipun lebih kecil, ada peluang bagus untuk keluar dari karyawan karena orang yang mengetahui COBOL saat ini sangat langka. Tapi tidak banyak peluang yang akan datang dengan COBOL.

22. Rust

Rust Programming Language

Rust adalah bahasa pemrograman yang relatif baru dan kuat yang dikembangkan oleh Graydone Hoare pada tahun 2006. Fitur terbaiknya adalah keamanan, keandalan, dan kecepatan.

Kelemahan dari bahasa ini adalah kompleks dan memiliki kurva belajar yang tinggi. Ini tidak direkomendasikan sebagai bahasa pertama, tetapi cukup banyak yang menggunakannya di luar sana.

23. Prolog

Prolog - IntelliJ IDEs Plugin | Marketplace

Prolog adalah bahasa deklaratif berdasarkan teori matematika dan logika. Dikembangkan oleh Alain Colmerauer pada tahun 1973, Ini terutama digunakan dalam penelitian, Kecerdasan Buatan, dan sistem yang kompleks.

Ini memiliki sintaks yang sulit dan bermanfaat untuk dipelajari hanya jika Anda berada di bidang yang membutuhkan prolog.

24. Julia

Julia emerging as one of the best programming language for future | Programming languages, Programming, Language

Julia adalah bahasa yang cukup baru dan merupakan turunan dari C. Dikembangkan oleh Jeff Bezanson, Stefan Karpinski, Viral B. Shah, dan kontributor lainnya pada tahun 2012, dan terutama dirancang untuk ilmu data dan aplikasi berbasis analitik.

Seperti bahasa khusus aplikasi lainnya, Julia dirancang khusus untuk tujuan analitik. Mempertimbangkan prospek karir, Julia bisa berguna jika Anda bekerja di bidang (Ilmu Data) yang membutuhkan Julia.

25. Haskell

Haskell Language

Haskell adalah bahasa pemrograman fungsional tingkat tinggi yang lebih tua. Banyak bahasa pemrograman fungsional lainnya berasal dari Haskell. Dikembangkan oleh sekelompok peneliti pada tahun 1990, Haskell hanya digunakan sebagai metode pengembangan perangkat lunak khusus.

Mempertimbangkan prospek karir, Haskell dapat berguna jika Anda bercita-cita untuk bekerja di bidang yang membutuhkan bahasa seperti Haskell.

26. Apex

File:Apache Apex Logo.svg - Wikimedia Commons

Apex adalah bahasa berpemilik yang dikembangkan oleh salesforce.com untuk pengembangan di platform Salesforce.

Kesulitannya mirip dengan C# dan Java. Apex adalah bahasa khusus aplikasi yang dikembangkan untuk platform Salesforce. Mempertimbangkan prospek kariernya, Apex dapat berguna jika Anda seorang pengembang Salesforce.

27. Kotlin

File:Kotlin logo.svg - Wikimedia Commons

Kotlin adalah bahasa yang berjalan di JavaVM. Itu dikompilasi ke dalam JavaScript. Kotlin memiliki sintaks yang mirip dengan Java. Dikembangkan oleh JetBrains pada tahun 2011, Google mendukung Bahasa Pemrograman Kotlin untuk pengembangan OS Android.

Kotlin terutama digunakan untuk pengembangan Aplikasi Android. Mempertimbangkan prospek karir Anda, Kotlin dapat berguna jika Anda seorang Pengembang Android.

28. Groovy

File:Groovy-logo.svg - Wikimedia Commons

Groovy terkait erat dengan Java dan bahkan mengkompilasi Java Bytecode. Dikembangkan oleh James Strachan pada tahun 2003, Groovy menambahkan fitur yang tidak ada di Java, seperti pengetikan dinamis dan kelebihan beban operator. Groovy juga memiliki kemampuan untuk tidak dikompilasi, menjadikannya bahasa scripting.

Belajar Groovy itu mudah jika Anda sudah tahu Java. Groovy digunakan di beberapa alat populer seperti Jenkins. Mempertimbangkan prospek karir, itu terdaftar di banyak daftar pekerjaan tetapi bukan merupakan persyaratan inti.

29. LISP

Lisp (programming language) - Wikipedia

LISP adalah salah satu bahasa tertua (satu tahun kurang dari FORTRAN). Dikembangkan oleh John McCarthy pada tahun 1960, LISP telah menginspirasi banyak bahasa yang lebih muda seperti Python, JavaScript, Scala, dll.

30. LUA

File:Lua-Logo.svg - Wikimedia Commons

Lua adalah bahasa yang diciptakan karena kebutuhan di Brasil. Anggota Grup Teknologi Grafik Komputer membuatnya pada tahun 1993. Ini adalah bahasa portabel dan mudah dipelajari yang digunakan terutama oleh Pengembang Game sebagai bahasa scripting.

Mempertimbangkan prospek karirnya, Lua tidak memiliki banyak pekerjaan yang tersedia, tetapi mempelajarinya mungkin membuat Anda menjadi pemrogram yang berpengetahuan luas.

31. TypeScript

File:Typescript logo 2020.svg - Wikimedia Commons

TypeScript adalah bahasa berbasis JavaScript populer yang dapat digunakan di sisi klien dan server. Dikembangkan pada tahun 2012 oleh Microsoft, Typescript adalah versi JavaScript yang diketik yang cocok untuk basis kode besar.

Mempertimbangkan prospek kariernya, Typescript adalah salah satu bahasa pemrograman yang paling diminati, memiliki masa depan yang cerah, dan merupakan “teknologi yang paling banyak diadopsi” dalam Survei Status JavaScript 2021.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *