Cara Mengaktifkan Opsi Pengembang dan USB Debugging di Android

Cara Mengaktifkan Opsi Pengembang dan USB Debugging di Android

Diposting pada

Ingin mengakses menu Opsi Pengembang yang tersembunyi di perangkat Anda? Petunjuk dalam postingan ini akan membantu Anda mengaktifkan Opsi Pengembang dan USB Debugging di Android .

Android, sejauh yang saya ingat, hadir dengan serangkaian opsi yang sangat spesifik yang memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan fitur akhir pengembang tertentu.

Namun, setelah titik tertentu, opsi ini disembunyikan di pengaturan perangkat. Salah satu alasan kuat untuk melakukannya, adalah agar pengguna perangkat pemula atau normal tidak sengaja mengutak-atik mereka.

Bagaimanapun, di versi Android terbaru Google, mengaktifkan Opsi Pengembang masih sangat mudah. Bersamaan dengan itu, kami juga akan menjelaskan langkah-langkah tentang cara mengaktifkan USB debugging pada perangkat yang menjalankan Android.

Apa itu Opsi Pengembang dan USB Debugging?

Sebelum kita sampai ke langkah-langkah sebenarnya untuk mengaktifkan Opsi Pengembang (Developer option) dan USB Debugging di Android, pertama-tama mari kita luangkan waktu untuk memahami apa arti fitur-fitur ini dan mengapa Anda ingin mengaktifkannya.

Alasan paling umum bagi pengguna untuk mengakses menu ‘Opsi Pengembang’ tersembunyi ini adalah untuk mengaktifkan fitur seperti ‘OEM Unlocking’ atau ‘USB Debugging’. Yang pertama diperlukan dan merupakan langkah terpenting yang harus diambil jika Anda ingin membuka kunci bootloader ponsel Android Anda.

Yang terakhir adalah apa yang Anda perlukan untuk membuat koneksi ADB yang sukses antara ponsel Android dan PC Anda. Ini juga sesuatu yang sering kami minta Anda lakukan selama tutorial custom ROM / unlocking reguler kami.

Jika Anda memasuki adegan penyesuaian Android untuk pertama kalinya, ini adalah pengaturan yang harus Anda aktifkan sebelum melangkah lebih jauh.

BACA JUGA:   Mengubah Cara Blur WhatsApp Web Menjadi Alat Rahasia - Begini Caranya!

Prosesnya cukup sederhana dan harus bekerja dengan sempurna di ponsel atau tablet Android apa pun yang menjalankan Android.

Cara Mengaktifkan Opsi Pengembang di Android

Sakelar USB Debugging itu sendiri terletak di bawah menu Opsi Pengembang. Yang berarti Anda harus terlebih dahulu mengakses opsi tersebut untuk mengaktifkan USB Debugging di Android.

Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah seperti yang tertulis di bawah ini.

Buka menu Settings perangkat di ponsel Android Anda.

Gulir ke bawah ke bagian paling bawah dan ketuk ‘ System ‘.

Cara Mengaktifkan Opsi Pengembang dan USB Debugging di Android

Di layar berikutnya, ketuk ‘About phone’.

Sekali lagi, gulir ke bawah ke bawah untuk menemukan bagian ‘Build number’.

Selanjutnya, ketuk tujuh (7) kali pada ‘ Build number ‘ terus menerus untuk mengaktifkan Opsi Pengembang di Android .

Aktifkan Opsi Pengembang di Android Pie - Ketuk Tujuh Kali di Build Number
Jika Anda memiliki PIN/Kata Sandi/Pola yang ditetapkan untuk keamanan, Anda akan diminta untuk memasukkannya.

Setelah itu, Opsi Pengembang harus diaktifkan dan Anda akan melihat pemberitahuan bersulang ‘Sekarang Anda adalah pengembang’.

Setelah diaktifkan, Opsi Pengembang dapat diakses di bawah ‘Settings’ -> ‘System’ -> ‘Advanced’.

Jadi, sekarang setelah Anda berhasil mengaktifkan rangkaian opsi baru, lanjutkan ke bagian berikutnya untuk segera mengaktifkan USB Debugging di Android.

Sekali lagi, Opsi Pengembang di Android berisi banyak fitur eksperimental/pengembangan. Ini harus diaktifkan/disesuaikan dengan sangat hati-hati, dan mungkin hanya bila diperlukan.

Cara Mengaktifkan USB Debugging di Android

Buka menu Settings di perangkat Android Anda.
Gulir ke bagian bawah daftar dan ketuk ‘ System ‘.
Selanjutnya, ketuk ‘ Advanced ‘ untuk memperluas opsi yang tersedia.

Aktifkan USB Debugging di Android Pie - Buka Pengaturan -> Lanjutan -> Opsi Pengembang
Ketuk ‘Developer option’.
Gulir perlahan hingga Anda menemukan bagian ‘Debugging ‘.
Terakhir, aktifkan sakelar ‘USB debugging’.

Aktifkan USB Debugging di Android Pie - Aktifkan Toggle USB Debugging

Saat diminta dengan ‘Allow USB debugging?’, ketuk ‘ OK ‘ untuk mengaktifkan USB Debugging di Android .

BACA JUGA:   Inilah 10 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Terbaik di Android Mudah dan Menyenangkan!

Setelah Anda berhasil mengaktifkan USB debugging, Anda dapat menyiapkan alat platform Android untuk membuat koneksi ADB yang berhasil. USB Debugging sangat berguna jika Anda ingin mem-boot ponsel Android Anda ke mode pemulihan/bootloader, melakukan sideload aplikasi, mendorong/menarik file ke/dari perangkat, atau menjalankan perintah ADB sederhana.

Lihat Juga Tips Android Lainnya:

Akhir Kata

Sekali lagi, berhati-hatilah dengan apa yang Anda ubah di ‘Opsi pengembang’. Jika, sewaktu-waktu, Anda ingin mengembalikan dan menonaktifkan Opsi Pengembang, cukup buka Settings -> System -> Advanced -> developer option¬† dan matikan sakelar. Ini sepenuhnya akan menonaktifkan opsi dan mengembalikan semua pengaturan yang diubah kembali ke stok.

Jadi, Anda baru saja dapat mengaktifkan Opsi Pengembang dan USB Debugging di Android

BACA JUGA:   Terungkap! Rahasia Menggunakan 10 Aplikasi ChatGPT Terbaik untuk Android dengan Cerdas