Cara Menghilangkan Aplikasi Spyware di Android

Cara Menghilangkan Aplikasi Spyware di Android

Diposting pada

Apakah Anda curiga ada aplikasi spyware atau mata-mata di ponsel Android Anda. Berikut cara Menghilangkan aplikasi spyware di Android.

Anda dapat memulai dengan memindai perangkat Anda dengan Play Protect di Google Play Store untuk mengonfirmasi aplikasi mata-mata yang tersembunyi. Anda dapat mencopot pemasangan aplikasi, memperbarui sistem operasi Android, atau dalam skenario terburuk, menyetel ulang ponsel ke setelan pabrik.

Aplikasi spyware digunakan untuk melacak tindakan Anda di perangkat Anda. Mereka terkadang digunakan oleh orang tua untuk melindungi anak-anak mereka. Namun, mereka juga sering digunakan oleh orang-orang dengan niat buruk untuk melacak pergerakan dan tindakan digital Anda.

Jika Anda memiliki perangkat Android dan mencurigai ada aplikasi mata-mata tersembunyi di dalamnya, baca terus untuk mengetahui cara menemukan dan menghapusnya.

Apa itu Aplikasi Spyware di Android?

 

Aplikasi mata-mata juga dikenal sebagai spyware. Mereka digunakan untuk melacak aktivitas digital Anda seperti aplikasi yang Anda gunakan, membaca pesan teks Anda, mendengarkan panggilan, melihat aktivitas media sosial Anda, dan banyak lagi. Banyak aplikasi mata-mata juga dapat melacak lokasi Anda dan bahkan mengakses kamera Anda.

Contoh aplikasi spyware di Android adalah mSpy, FlexiSPY, dan uMobix. Android, seperti iOS, dirancang dengan fitur keamanan yang melindungi Anda dan informasi Anda. Namun, ini dapat dinonaktifkan jika seseorang memiliki akses fisik ke perangkat Anda.

Ini adalah saat spyware sering dipasang, karena paling mudah dilakukan saat orang tersebut dapat mengakses perangkat Anda secara fisik.

Itulah mengapa disarankan untuk melindungi ponsel Anda dengan kata sandi untuk keamanan tambahan.

Jenis-Jenis Aplikasi Spyware

Ada berbagai jenis aplikasi spyware di Android yang digunakan orang pada target yang tidak menaruh curiga.

Basic Spyware

Yang pertama adalah basic spyware ini adalah jenis malware umum yang digunakan untuk mencuri clipboard dan data sistem operasi atau apa pun yang berpotensi bernilai, seperti kata sandi. Ini biasanya tidak ditargetkan pada satu orang tertentu dan sering digunakan untuk serangan phishing.

Nuisanceware

Nuisanceware seperti namanya berarti gangguan. aplikasi spyware di Android ini umumnya tidak berbahaya seperti jenis spyware lainnya, karena tidak mencoba mencuri informasi Anda. Namun, itu mungkin mencoba mengumpulkan data penjelajahan Anda dan menjualnya kepada pengiklan.

Stalkerware

Stalkerware adalah jenis aplikasi spyware di Android yang benar-benar harus Anda waspadai. Meskipun dapat digunakan di komputer, pengguna dapat memasang spyware jenis ini di ponsel target mereka. Jenis spyware inilah yang digunakan untuk serangan yang lebih terarah.

Ini melacak setiap gerakan Anda di ponsel Anda, merekamnya, dan mengirimkannya ke pelaku. Ini digunakan untuk memantau pesan SMS, dan panggilan telepon , melacak lokasi GPS, meretas aplikasi media sosial, dan banyak lagi.

Jenis spyware ini sering digunakan oleh mitra pengendali, bos yang tidak etis, dan seperti namanya, menguntit.

BACA JUGA:   Pecahkan Batasan! Cara Install 2 Akun WhatsApp di Android dalam 5 Menit

Ciri-Ciri HP Terkena Spyware

Aplikasi spyware di Android mungkin tersembunyi, namun efeknya pada ponsel Anda tidak dapat luput dari perhatian. Sementara spyware beroperasi secara rahasia, mereka masih menggunakan sumber daya ponsel Anda dan meninggalkan jejak. Ini sama untuk spyware di iOS seperti di Android.

Jika Anda pernah mengalami hal-hal berikut dengan ponsel Android Anda, maka mungkin ada aplikasi mata-mata tersembunyi:

Baterai Terkuras Dengan Cepat

Gambar perkiraan masa pakai baterai perangkat Android

Aplikasi mata-mata berjalan 24/7. Ini karena mereka harus terus-menerus merekam semua yang Anda lakukan di ponsel Anda. setiap pesan yang dikirim, setiap panggilan telepon yang dilakukan, lokasi Anda, dan banyak lagi. Ini menggunakan banyak daya.

Jadi jika Anda melihat baterai ponsel Anda cepat habis, bahkan dengan penggunaan normal saja, aplikasi mata-mata bisa menjadi penyebabnya.

Peningkatan Penggunaan Data

Mirip dengan bagaimana pengurasan baterai dapat menjadi bukti aplikasi tersembunyi, demikian juga penggunaan data. Aplikasi spyware harus mengirim kembali data ke server mereka, sehingga konsumsi data seringkali dapat memberi tahu Anda tentang kemungkinan adanya aplikasi mata-mata tersembunyi di ponsel Anda.

Berikut cara mengecek penggunaan data di ponsel Android Anda :

Buka aplikasi Settings dan ketuk Connection.

Mengetuk Koneksi di Pengaturan perangkat Android

 

Di halaman berikutnya, ketuk Data usage.

Mengetuk penggunaan Data di ponsel Android

Di halaman ini, Anda dapat melihat berapa banyak data Seluler serta data Wi-Fi yang Anda gunakan. Untuk melihat detail konsumsi data Anda, ketuk salah satu opsi.

Untuk melihat detail konsumsi data, ketuk penggunaan data Seluler atau penggunaan data WiFi

Saya kebanyakan menggunakan Wi-Fi daripada data seluler. Itu sebabnya data Wi-Fi saya lebih tinggi dan juga mengapa saya memilih untuk melihatnya lebih detail.

Grafik Penggunaan Data Wi-Fi di perangkat Android

Di sinilah Anda dapat melihat berapa banyak data yang digunakan pada Wi-Fi untuk setiap bulan dan berapa banyak data yang digunakan setiap aplikasi. Untuk melihat detail konsumsi data Anda, ketuk salah satu opsi .

Periksa Layanan Lokasi Anda

Layanan lokasi Android sangat bagus, namun, kita tidak perlu mempertahankannya. Artinya, saat aplikasi memerlukan akses lokasi, Anda harus memberikannya.

jika Anda menyadari bahwa lokasi Anda selalu aktif, meskipun Anda yakin telah menonaktifkannya, aplikasi mata-mata dapat menggunakan layanan lokasi Anda untuk melacak Anda.

Overheating Konstan

Gambar termometer yang terlalu panas sama dengan ponsel Android

Meskipun ponsel menjadi hangat adalah normal dan seperti yang diharapkan, jika ponsel Anda terus-menerus kepanasan, maka ada kemungkinan ada aplikasi mata-mata di dalamnya. Ini karena aplikasi mata-mata berjalan di latar belakang, terus-menerus menjaga ponsel Anda tetap beroperasi, yang dapat menyebabkan panas berlebih.

Suara Bising Ketika Melakukan Panggilan Telepon

Suara latar belakang panggilan telepon di ponsel Android

Seperti disebutkan sebelumnya, spyware sering digunakan untuk menguping panggilan telepon Anda dan merekamnya. Jika Anda mendengar suara aneh pada panggilan Anda, panggilan tersebut dapat disadap dan Anda didengarkan oleh pihak ketiga.

Cara Menemukan Aplikasi Spyware Di Android

Jika Anda curiga memiliki aplikasi spyware di Android, ada beberapa cara untuk menemukannya.

Periksa Aplikasi Aneh Apa Saja

Aplikasi apa pun yang terpasang di ponsel Anda harus merupakan aplikasi yang Anda ketahui dan unduh sendiri. Jika Anda memiliki aplikasi di ponsel yang tidak Anda kenal, bisa jadi itu adalah aplikasi berbahaya.

Berikut cara memeriksa aplikasi yang terpasang di perangkat Android Anda:

Buka aplikasi Settings dan ketuk Apps.

Membuka aplikasi Pengaturan dan ketuk Aplikasi untuk menemukan lebih banyak opsi

Di sini, gulir ke bawah daftar aplikasi yang terinstal di ponsel Anda. Catat aplikasi baru atau aplikasi mencurigakan lainnya yang mungkin ada di perangkat Anda.

Menggulir ke bawah daftar aplikasi yang terpasang di ponsel Android

Gunakan Play Protect

Google Play Protect adalah perlindungan malware bawaan Android. Ini untuk Android seperti Microsoft Defender untuk komputer Windows. Itu juga dapat digunakan untuk melakukan pemindaian antivirus untuk menemukan aplikasi yang berpotensi berbahaya di perangkat Android Anda.

BACA JUGA:   Rahasia Terungkap: 10 Aplikasi Antivirus Terbaik untuk Android yang Wajib Anda Tahu!

Berikut cara memindai Android Anda dengan Play Protect:

Buka aplikasi Google Play Store dan ketuk ikon profil Anda.

Membuka aplikasi Google Play Store dan mengetuk ikon profil

Di menu popup, ketuk Play Protect.

Mengetuk Play Protect di menu pop-up

Play Protect melakukan pemindaian otomatis tetapi Anda juga dapat melakukannya sendiri. Ketuk scan untuk mulai memindai Android Anda dari spyware atau aplikasi yang berpotensi berbahaya lainnya.

Mengetuk pindai untuk mulai memindai perangkat Android dari spyware apa pun

Mengetuk pindai untuk mulai memindai perangkat Android dari spyware apa pun

Periksa Administrator Perangkat

Administrator perangkat adalah aplikasi dengan akses hampir total ke data ponsel Anda. Aplikasi ini memiliki izin yang tidak dimiliki orang lain. Anda dapat memeriksa untuk memastikan bahwa tidak ada aplikasi yang mencurigakan dengan akses admin perangkat,

Berikut cara melihat aplikasi admin perangkat di Android Anda:

Buka Settings dan ketuk Lock Screen and Security.

Mengetuk Layar Kunci dan Keamanan di pengaturan perangkat Android

Scroll ke bawah dan klik Other security settings.

Mengetuk pengaturan keamanan lainnya di perangkat Android

Selanjutnya, ketuk Device administrators untuk melihat aplikasi admin perangkat.

Mengetuk Administrator perangkat untuk melihat aplikasi admin perangkat

Di halaman ini, Anda seharusnya hanya melihat aplikasi yang Anda ketahui seperti Find My Device atau Screen Lock  Servicedalam kasus saya.

Administrator Perangkat di ponsel Android

Jika Anda melihat ada aplikasi pihak ketiga, cabut izin administrator perangkatnya dan segera copot pemasangannya.

Periksa Instalasi Aplikasi Tidak Dikenal

Android melindungi dirinya melalui sejumlah pengaturan default. Salah satu caranya adalah dengan hanya mengizinkan unduhan aplikasi dari Google Play Store.

Meskipun Anda dapat memasang aplikasi dari sumber lain, Anda perlu mengotorisasi pemasangan aplikasi yang belum diverifikasi atau tidak dikenal.

Jika Anda tidak yakin apakah pengaturan ini telah diaktifkan tanpa sepengetahuan Anda, Anda dapat memeriksa:

Buka aplikasi Settings, klik Lock Screen & Security.

Mengetuk opsi Layar Kunci & Keamanan di dalam pengaturan di Android

Pastikan Unknown Sources dimatikan. Jika diaktifkan tanpa sepengetahuan Anda, ada kemungkinan seseorang telah menginstal satu atau lebih aplikasi yang tidak dikenal di perangkat Anda.

Memastikan bahwa Sumber Tidak Dikenal dimatikan

Cari Unduhan Aneh

Seperti disebutkan sebelumnya, aplikasi spyware di Android dipasang dari sumber yang tidak dikenal dan bukan dari Google Play Store. Aplikasi ini harus diunduh dari browser sebagai file instalasi (juga dikenal sebagai file apk).

Anda juga dapat mengetahui apakah ada aplikasi mata-mata yang telah dipasang di perangkat Anda dengan memeriksa folder unduhan untuk file pemasangan.

Inilah cara melakukannya:

Buka aplikasi Files atau My Files di Android Anda.

Membuka File atau aplikasi File Saya di Android Anda

Ketika file apk diunduh, itu langsung masuk ke unduhan Anda. Namun, beberapa ponsel Android hanya memungkinkan Anda untuk melihat file apk di ponsel Anda. Jika Anda memiliki opsi ini seperti yang saya lakukan. Ketuk Installation files untuk melihat semua file apk yang diunduh di ponsel Anda.

Mengetuk file Instalasi untuk melihat semua file apk yang diunduh di ponsel Android

Seperti yang Anda lihat di bawah, saya tidak memiliki file apk di ponsel saya. Jika Anda memilikinya, tidak apa-apa, pastikan itu adalah file apk yang Anda unduh dengan sengaja.

Tidak ada file APK di ponsel

Cara Menghilangkan Aplikasi Spyware di Android

Jika sayangnya Anda menemukan aplikasi spyware di Android yang tersembunyi di perangkat seluler Anda dan mencoba mencopotnya tanpa hasil, jangan khawatir. Beberapa program spyware mudah dihapus begitu Anda menemukannya. Yang lain bisa sedikit rumit, tetapi pada akhirnya semuanya bisa dilepas.

Perbarui Perangkat Lunak Sistem

Cara Menghilangkan Aplikasi Spyware di Android pertama yang bisa Anda laukan adalah dengan mengupdate software ponsel. Pasalnya, Saat Anda memperbarui telepon, pembaruan baru dapat menambal kerentanan apa pun di sistem Anda yang mungkin digunakan oleh aplikasi mata-mata.

Selain itu, pembaruan dapat menghapus otorisasi yang dimiliki perangkat lunak mata-mata di ponsel Anda, membatasi aksesnya dan informasi yang dapat dikumpulkannya.

BACA JUGA:   Cara Mengubah DPI di HP Android: Solusi Ajaib untuk Tampilan Terbaik!

Untuk demonstrasi video, berikut cara memperbarui perangkat lunak sistem Android Anda:

Lakukan Reset ke Pengaturan Pabrik (Factory Reset)

Cara Menghilangkan Aplikasi Spyware di Android Anda lainnya adalah dengan mengatur ulang ke pengaturan pabrik. Factory Reset dianggap sebagai upaya terakhir karena sepenuhnya menghapus ponsel Anda, menghapus semua aplikasi, pengaturan, dan data.

Mencatat perbedaan dalam aplikasi sistem sebelum dan sesudah reset pabrik akan mengonfirmasi kecurigaan yang mungkin Anda miliki terhadap aplikasi mata-mata.

Sebelum mengatur ulang perangkat seluler ke setelan pabrik, Anda disarankan untuk mencadangkan semua data agar dapat dipulihkan nanti. Setelah selesai, berikut cara mengatur ulang perangkat Android Anda ke setelan pabrik :

Buka Pengaturan dan gulir ke dekat bagian bawah halaman dan ketuk About Device/System tergantung pada perangkat Android Anda.

Buka Pengaturan dan gulir ke dekat bagian bawah halaman dan ketuk Tentang Perangkat/Sistem perangkat Android

Selanjutnya, ketuk Reset untuk memulai proses.

Mengetuk Reset untuk memulai proses

Ketuk Factory data reset untuk menghapus ponsel Anda sepenuhnya dan mengembalikannya ke keadaan default.

Mengetuk Reset data pabrik untuk menghapus ponsel Anda sepenuhnya

Setelah itu, Anda akan melihat daftar semua data di ponsel Anda. Gulir ke bawah dan ketuk Reset Device lalu masukkan pin perangkat Anda untuk mengatur ulang ke pengaturan pabrik.

Mengetuk Reset Device lalu masukkan pin perangkat untuk mengatur ulang pabrik perangkat Android

Berikut adalah demonstrasi video yang menunjukkan kepada Anda cara mengatur ulang pabrik ponsel Android untuk menghilangkan aplikasi spyware di Android:

Lihat Juga Tips Android Lainnya:

FAQ

Aplikasi sistem apa yang merupakan spyware di Android?

Aplikasi spyware sering kali menyamar sebagai aplikasi sistem di Android, itulah sebabnya menghapus spyware terkadang rumit. Anda dapat menemukan aplikasi spyware di Android dengan mencari aplikasi sistem ini seperti One-Tap Lockscreen atau Update Service. Mengetahui aplikasi sistem mana yang palsu membuat penghapusan spyware jauh lebih mudah.

Dengan cara apa mengetahui bahwa ponsel memiliki aplikasi penguntit yang terpasang?

Ada beberapa cara untuk mengetahui bahwa ponsel Anda telah menginstal aplikasi spyware di Android. Meskipun ponsel Anda akan terlihat dan berfungsi hampir sama, beberapa hal mungkin berbeda. Baterai Anda akan terkuras lebih cepat tanpa perbedaan penggunaan dan Anda juga akan melihat peningkatan penggunaan data.

Apakah hard reset akan menghapus semua spyware yang tersembunyi?

Hard reset akan menghapus semua spyware tersembunyi di smartphone Android Anda. Ini karena reset keras / pabrik akan menghapus ponsel Anda dari semua pengaturan, aplikasi, dan data, termasuk aplikasi yang mencurigakan seperti spyware. penting bagi Anda untuk mencadangkan data pribadi Anda sebelum melakukannya.

Kesimpulan

Aplikasi spyware di Android dapat digunakan untuk kebaikan, seperti ketika orang tua memasangnya di ponsel anak-anak mereka untuk memantau aktivitas online mereka. Banyak orang tua menggunakan spyware seperti MMGuardian dan lainnya untuk membantu menjaga keamanan anak-anak mereka.

Sayangnya, perangkat lunak mata-mata dapat digunakan untuk hal yang buruk maupun baik. Mengetahui cara mendeteksi jika ponsel Anda telah disusupi oleh perangkat lunak mata-mata dan cara menghapusnya penting untuk keselamatan Anda.

Bahkan jika Anda hanya mencurigai bahwa ada aplikasi spyware di Android, Anda dapat menggunakan langkah-langkah Cara Menghilangkan Aplikasi Spyware di Android di atas seperti memperbarui OS Android Anda atau bahkan mengatur ulang pabrik ponsel Anda untuk memastikan penghapusan spyware.

Selalu ingat, lebih baik aman daripada menyesal.